Cara Merawat Mesin Cuci Supaya Awet dan Tahan Lama


Ada beragam tips dan cara merawat mesin suci supaya awet dan tak cepat rusak. Salah satunya dengan menggunakan deterjen cair dan meminimalisir penggunaan deterjen bubuk. Ketika deterjen yang digunakan berbentuk bubuk, itu semuanya gak larut. Alhasil akan ada sisa-sisa deterjen yang menempel di mesin cuci.

Jika bubuk deterjen ini menumpuk pada mesin cuci maka hal tersebut dapat mengakibatkan mesin cuci menjadi berkerak. Karena itulah penggunaan deterjen cair lebih dianjurkan sebab tak akan berkerak dan lebih cepat larut dengan air saat mencuci.

Cara Merawat Mesin Cuci

Kendati demikian, penggunaan deterjen yang terlalu banyak juga tidak dianjurkan saat mencuci. Hal ini dapat berdampak pada penggunaan air yang lebih boros saat proses pencucian.

Selain penggunaan deterjen, perawatan harian perlu juga dilakukan agar mesin cuci tetap awet. Cara ini diantaranya dengan membiarkan pintu mesin cuci terbuka setelah mencuci pakaian. Pintu mesin cuci jangan ditutup rapat. Biarkan terbuka sedikit agar hawanya tidak lembab dan menghindari munculnya bau.

Bagian samping mesin cuci juga harus dibersihkan karena dikhawatirkan ada kancing yang tersangkut atau terlepas saat pencucian. Begitu pula dengan dryer di mana filternya bisa dibersihkan.

Terakhir, perawatan lengkap juga perlu. Guna menjaga mesin cuci agar tak cepat rusak, dapat dilakukan dengan memanggil teknisi mesin cuci minimal setiap 3 bulan sekali. Terlebih-lebih jika penggunaan mesin cuci cukup sering dan berat. Contohnya pembersihan bagian drum di mana kotoran kadang masih menempel.

---------

Artikel ini merupakan lansiran dari laman https://www.antaranews.com/berita/3159613/tips-merawat-mesin-cuci-agar-tak-cepat-rusak. Namun demikian, ada beberapa bagian yang telah mengalami perubahan dan pengeditan oleh kami pengelola blog.

Lebih baru Lebih lama