Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit, Kurangi Begadang dan Rajin Olahraga


Seiring bertambahnya umur, seiring itu pula kulit manusia akan mengalami penuaan. Meski demikian, penuaan dini dapat dicegah dengan perawatan yang tepat. Beberapa tanda yang umum muncul saat kulit mengalami penuaan dini ialah keriput, kehilangan elastisitas, flek hitam di wajah, kering dan kusam.

Proses penuaan dini lazimnya dimulai ketika umur 25 tahun ke atas. Di samping penuaan, segi hormonal juga ikut berubah. Apalagi beragam faktor pun turut mempengaruhi seperti radikal bebas akibat polusi, kebiasaan merokok, minum alkohol, konsumsi makanan dan minuman tinggi gula. Termasuk juga kurang tidur, kurang minum, kurang olahraga, begadang dan stress.

Ketebalan kulit akan menurun dengan ditandai lapisan dermis dan epidermis yang mulai menipis. Hal itu membuat kadar air yang seharusnya ditahan di area dermis lebih gampang keluar ke permukaan kulit sehingga menyebabkan kulit lebih kering.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Dalam proses penuaan terjadi penurunan kadar asam hyaluronat, yang berfungsi melembabkan kulit serta membantu merangsang pertumbuhan kolagen untuk mengencangkan kulit.

Secara alami, di dalam tubuh terdapat enzim yang berfungsi menghancurkan asam hyaluronat dalam tubuh atau disebut sebagai enzim hyaluronidase.

Seiring berjalannya usia, kadar asam hyaluronat dan kadar enzim hyaluronidase berbanding terbalik, di mana kadar asam hyaluronat akan menurun sedangkan kadar enzim hyaluronidase meningkat.

Hal itulah yang menyebabkan kulit orang dewasa cenderung kering, kusam dan membutuhkan produk perawatan yang bisa menutrisi dan mengembalikan kekenyalan serta elastisitas kulit.

Penggunaan produk perawatan wajah bisa menemani untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Serum yang ada dalam produk perawatan yang berbahan alami, aman, dan teruji klinis bisa menjadi investasi jangka panjang untuk kulit.

Serum merupakan produk perawatan wajah yang paling cepat menyerap ke dalam kulit, karena kandungan bahan aktif yang diformulasikan sesuai dengan permasalahan kulit. Pemakaian serum efektif digunakan dua kali, pagi dan malam hari, dan hasilnya sudah bisa terlihat sejak minggu kedua hingga keempat setelah pemakaian rutin.

Serum yang bagus mempunyai bahan baku yang mampu mengatasi hampir semua permasalahan kulit. Memiliki banyak manfaat seperti mencerahkan, mengatasi jerawat dan produksi minyak berlebih hingga menyamarkan noda hitam serta dapat menghidrasi kulit secara maksimal.

Setiap manusia terlahir dengan potensi diri yang unik dan berkembang dengan cerita yang berbeda-beda. Begitu juga dengan perjalanan kesehatan kulit yang semakin kompleks seiring bertambahnya usia.

---------

Artikel ini merupakan lansiran dari laman https://www.antaranews.com/berita/3161445/cara-mengurangi-tanda-tanda-penuaan-dini-pada-kulit. Namun demikian, ada beberapa bagian yang telah mengalami perubahan dan pengeditan oleh kami pengelola blog.

Lebih baru Lebih lama