Tempat Penginapan Murah di Pacitan, dari Homestay hingga Limasan


Pacitan merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang berbatasan dengan Wonogiri, Ponorogo dan Trenggalek. Sebagai wilayah yang berada di tepi Samudera Hindia, Pacitan mempunyai garis pantai yang cukup panjang. Karena itulah, wisata pantai di Pacitan termasuk tujuan favorit para pelancong baik domestik maupun mancanegara.

Secara bahasa, asal usul nama Pacitan konon berawal dari bahasa Jawa berupa Pace dan Wetan. Pace adalah nama buah dan Wetan ialah nama arah angin yaitu timur. Dengan demikian, Pacitan berasal dari Pacewetan yang maknanya buah dari timur.

Selain tersohor dengan wisata pantainya, salah satunya Pantai Klayar Pacitan, daerah ini juga termasyhur dengan batu mulianya. Sekedar info, sebelum yang namanya batu akik trending beberapa tahun lalu, Pacitan sudah lebih dulu dikenal sebagai salah satu penghasil batu akik di Indonesia.

Fenomena batu akik sendiri mulai ramai di masyarakat tak lepas dari momen pemberian cendera mata berupa batu bacan dari Presiden RI kala itu yakni Susilo Bambang Yudhoyono kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Di sisi lain, dari sejumlah sungai yang ada di Jawa Timur, sungai Maron di Pacitan menjadi salah satu nama yang sekarang juga terkenal dengan keindahan alam di sisi alirannya.

Oia, saat mendengar kata Pacitan, umumnya masyarakat Indonesia akan langsung teringat pada sosok Pak Susilo Bambang Yudhoyono atau biasa dipanggil Pak SBY. Beliau merupakan mantan Presiden RI untuk periode 2004 hingga 2014.

Hal ini bisa dimaklumi mengingat Pak SBY adalah tokoh yang lahir di Pacitan tepatnya di Kelurahan Ploso. Di sinilah terdapat rumah peninggalan orang tua beliau.

Pacitan terbagi menjadi 12 kecamatan. Untuk kode posnya, Pacitan diawali dengan angka 635 tepatnya 63511 hingga 63518. Alun-alun Pacitan sendiri terletak di Krajan Kecamatan Pacitan.

Wisata Pantai di Pacitan

Tempat Penginapan Murah di Pacitan

Sejatinya, Pacitan memiliki beberapa tempat penginapan yang harganya cukup murah dan bersaing. Sebagai contoh ada Limasan Pacitan dan Hansa Homestay Pacitan. Bagi mereka yang sedang backpackeran, homestay di Pacitan bisa menjadi alternatif saat berkunjung di daerah yang tersohor dengan julukan Seribu Goa ini.

Namun sebelum Anda memilih tempat penginapan murah di Pacitan maka ada baiknya menyimak beberapa rahasia tak tertulis seputar penginapan di antaranya sebagai berikut:

  • Biaya penginapan yang pengelola tetapkan barangkali bukanlah harga terbaik menurut kita. Tapi ingatlah bahwa harga tersebut tentu merupakan harga yang tepat karena operasional penginapan pastilah melibatkan banyak orang mulai proses check in hingga check out.
  • Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang ada ruangan yang menyimpan suatu kisah (baik nyata maupun tidak). Jadi upayakan mengenal terlebih dulu penginapan yang akan dipilih.
  • Meski tampak bersih namun barang-barang yang ada dalam kamar penginapan bisa jadi belum diganti dari penginap sebelumnya. Sebab itu cobalah meminta yang baru kepada pengelola.
  • Ketika menginap bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu berdoalah dan pastikan tempat penginapan yang dipilih mempunyai track record yang baik.
  • Jangan sungkan untuk berbincang atau bertanya dengan pengelola maupun mereka yang bekerja di tempat penginapan. Dengan catatan, jangan sampai menganggu mereka ketika sedang bekerja.
  • Sikap kita terhadap pengelola maupun karyawannya biasanya juga menentukan sikap mereka kepada diri kita. Jadi tetaplah berperilaku sopan, ramah dan low profile.

Demikianlah sekilas uraian seputar tempat penginapan murah di Pacitan, baik homestay maupun limasan, yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat berkunjung di Pacitan!

(Photo: Google Image)

Lebih baru Lebih lama