Inilah Keunggulan Papan Tulis Hitam (Blackboard) yang Jarang Diketahui


Belajar adalah kebutuhan kita sebagai manusia. Dengan belajar, kemampuan dan daya pikir kita menjadi lebih luas dan tajam. Sebaliknya, kemalasan dalam belajar bisa menyebabkan kemampuan dan daya pikir menjadi tumpul bahkan tak ada sama sekali.

Setiap proses pembelajaran tentu memerlukan sarana dan prasarana. Ada yang berupa alat tulis semacam pensil, pulpen dan buku; serta ada pula yang berupa sarana pendukung seperti papan tulis misalnya.

Selama ini kita mengenal ada dua macam papan tulis yang digunakan sebagai sarana belajar mengajar. Yang pertama papan tulis hitam atau blackboard dan yang kedua papan tulis putih atau whiteboard. Tentu masing-masing punya keunggulan dan kekurangan.

Dilihat dari segi kebersihan, whiteboard mungkin lebih unggul dibandingkan blackboard. Tidak berdebu dan juga kelihatan lebih modern. Sangat cocok digunakan di ruangan yang tidak terlalu luas. Terlebih jika mereka yang belajar masih anak-anak atau remaja.

Berbeda dengan blackboard yang mungkin mengeluarkan debu dari kapur tulisnya. Apalagi kesannya juga jadul. Karena terdapat debu saat dihapus, blackboard tentunya sangat tidak cocok digunakan di ruangan yang terbatas atau tidak terlalu luas. Kapur tulisnya pun bisa dijadikan bahan mainan bila pelajarnya masih seusia anak-anak atau remaja.

Kalaupun dulu, era 80 atau 90an, mayoritas ruang kelas menggunakan blackboard, ini lebih karena saat itu pemakaian whiteboard masih terbatas. Whiteboard masih dianggap cukup mewah kala itu.

Meskipun begitu, ada satu keunggulan blackboard atau papan tulis hitam yang mungkin jarang diketahui kita bersama. Apa itu?

Whiteboard memang kelihatan lebih bersih karena mempunyai background putih. Tapi jika digunakan di ruangan yang luas maka mereka yang duduk di kursi belakang tidak akan mampu melihat apa yang tertulis di whiteboard.

Sebaliknya, dengan background hitamnya, blackboard sangat cocok digunakan di ruangan yang luas. Karena meskipun duduk di deretan belakang, kita akan tetap bisa melihat apa yang tertulis dengan jelas.

Inilah yang melatarbelakangi mengapa sebagian kampus yang mempunyai ruang kuliah besar seperti aula, cenderung lebih memilih menggunakan papan tulis hitam atau blackboard agar para mahasiswa yang duduk di kursi belakang tetap mampu membaca apa yang di tulis dosennya di depan.

(Photo: PIXABAY)

Lebih baru Lebih lama