Kata Mutiara untuk Si Pencontek Ulangan di Sekolah


Ketika menempuh pendidikan di sekolah, setiap pelajar tentu akan mengalami yang namanya ulangan, atau ujian sekolah. Ada ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester serta ada juga ujian akhir.

Idealnya, sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku, seorang peserta ulangan tidak diperbolehkan mencontek (cheating) jawaban dari peserta ulangan lainnya. Tapi kenyataannya, si pencontek alias cheater punya seribu satu cara untuk mengakali peraturan tersebut.

Sejumlah cara dilakukan mereka, para contek mania ini. Ada yang diam-diam membuka buku catatan sambil tengok kanan kiri, atau ada pula yang langsung bertanya ke peserta terdekat dengan bisik-bisik atau pakai kode-kode tertentu. Prinsipnya, selama tidak ketahuan guru atau pengawas maka semuanya oke-oke saja.

Nilai Ulangan Pencontek

Terkadang, hasil nilai ulangan si pencontek justru lebih besar daripada yang dicontek. Bahkan ironisnya, seringkali pula si pencontek merasa bangga sekali dengan nilai haramnya tersebut karena bisa mengungguli nilai temannya yang dicontek.

Barangkali inilah latar belakang mengapa sebagian besar pelajar yang awalnya lurus-lurus saja, malu dan enggan mencontek, akhirnya tergoda untuk ikut mencontek pada ulangan berikutnya. Sikap jujur yang selama ini dipegang teguh seakan mendapat rintangan dan cobaan.

Kata Mutiara untuk Pencontek

Bagi mereka, para pelajar yang masih berusaha mempertahankan sikap jujur untuk tidak mencontek, berikut ada sedikit kata mutiara yang bisa kalian sampaikan kepada yang mencontek saat ulangan. Harapannya agar mereka yang suka mencontek segera sadar dan tidak mengulangi lagi perbuatan nyonteknya.

"Jika nanti hasil ulanganmu lebih besar dariku, harap jangan merasa puas dan bangga di hadapanku ya. Ingat, nilaimu adalah nilaiku juga. Bila diriku tak memberi jawaban kepadamu tentu nilaimu tidak akan sebesar itu."

Kalau setelah disampaikan ternyata orangnya masih suka mencontek maka biarkan saja. Yakinlah bahwa itu semua ibarat bangunan yang rapuh. Kelihatannya memang bagus, tapi cukup dengan sekali senggol bisa roboh bangunan tersebut.

(Photo: Google Image)

Lebih baru Lebih lama