6 Cara Membedakan Orang Kaya Lama dan Orang Kaya Baru, Ponsel Salah Satunya


Istilah orang kaya baru atau disingkat OKB, hadir saat ekonomi tumbuh disertai makin banyaknya penduduk yang pendapatannya meningkat. Sebagaimana tercantum di Wikipedia, frasa orang kaya baru (OKB) sejatinya merupakan sindiran, ejekan dan mempunyai konotasi negatif. Jika diperhatikan lebih dalam, istilah ini adalah bahasa halus dari kata norak yang berarti berlebih-lebihan dalam hal dandanan, tingkah laku dan gaya hidup.

Umumnya, mereka yang masuk kategori OKB dianggap kurang mempunyai gaya hidup yang baik. Suka pamer dan berfoya-foya cenderung dilakukan guna memperlihatkan status sosialnya kepada orang lain.

Nah, bagaimana membedakan seseorang itu orang kaya lama (old money) atau orang kaya baru (new money)? Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan dan amati.

Tempat dan Waktu

Mereka yang termasuk orang kaya lama atau old money cenderung memperlihatkan kekayaannya hanya pada tempat dan waktu tertentu. Terutama ketika ada pertemuan dengan sesama orang kaya atau gathering ekslusif di perkumpulan orang kaya.

Berbeda dengan orang kaya baru atau new money, di mana mereka seakan tak kenal tempat dan waktu untuk memamerkan kekayaannya. Tak peduli pagi, siang, sore atau malam, selama ada kesempatan untuk pamer maka akan mereka lakukan. Bahkan tak jarang mereka bangga memamerkan kekayaannya di hadapan orang lain yang miskin atau kekurangan.

Perhiasan

Orang kaya lama atau kaya betulan, akan malu, enggan dan pantang memakai perhiasan emas dan semacamnya meskipun mereka punya dan semuanya asli bukan imitasi.

Sebaliknya, bagi orang kaya baru, mengenakan perhiasan walaupun terkadang ada satu dua yang imitasi, adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Menjadi semacam toko emas berjalan seringkali merupakan obsesi para orang kaya baru ini.

Pakaian

Orang kaya lama, tak pernah malu untuk berpakaian seadanya selama pakaian tersebut bersih. Mereka juga tak masalah mengenakan produk yang murah selama itu asli dan bukan imitasi atau palsu.

Sebaliknya, orang kaya baru lebih menyukai barang yang kelihatannya mahal meskipun belinya yang palsu atau produk kw. Mereka juga malu jika berpakaian seadanya dan sederhana karena dianggap bisa menurunkan status sosialnya.

Menu Makan

Umumnya, orang kaya lama memenuhi meja makannya dengan menu rumahan sederhana. Selama makanan tersebut sehat dan bergizi maka sudah cukup bagi mereka.

Berbeda dengan orang kaya baru yang cenderung menyukai makanan-makanan cepat saji atau junk food yang biasanya kurang bernilai gizi dan kurang sehat untuk tubuh. Mungkin biar dianggap modern dan sedikit kebarat-baratan.

Telepon Seluler (Ponsel)

Ponsel orang kaya lama biasanya model lama. Bukan karena tak punya uang untuk membeli namun karena mereka mengganggap ponsel tersebut masih bagus dan layak digunakan sehari-hari.

Sebaliknya, orang kaya baru lebih memilih gonta ganti ponsel dengan tipe terbaru agar dianggap up to date dan tidak ketinggalan zaman. Ironisnya, pembeliannya dilakukan dengan cara hutang atau kredit di berbagai platform yang saat ini menjamur.

Status di Bank

Biasanya, kalau sedang ada di bank, orang kaya lama duduknya di kursi nasabah prioritas. Kartu ATM yang digunakan juga Platinum.

Berbeda dengan orang kaya baru. Mereka ketika di bank biasanya ikut antrian di teller dan kartu ATM yang dipakai biasanya versi Gold.

Demikian sekilas uraian seputar cara membedakan antara orang kaya lama atau old money dan orang kaya baru (OKB) atau new money. Semoga bermanfaat menambah wawasan kita semua. Mungkin ada di antara pembaca yang ingin menambahkan. Silakan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih.

(Photo: ISTIMEWA)

Lebih baru Lebih lama