8 Fakta Unik Seputar Lampung, Ada yang Masuk Rekor MURI


Lampung merupakan provinsi yang berada di ujung selatan Pulau Sumatera Indonesia. Terdiri atas 13 kabupaten dan 2 kotamadya dengan luas wilayah sekitar35.376 kilometer persegi. Lha kok tahu sih? Ya kan barusan buka Google. Wkkwkk..

Lampung itu keren. Lampung itu asyik. Lampung itu unik. Gak percaya? Coba aja. Mau naik kapal laut bisa, naik pesawat ada, naik kereta api tersedia. Apalagi kalo mau naik gunung, tinggal pilih. Ada Gunung Tanggamus, Gunung Rajabasa, Gunung Seminung, Gunung Betung dan gunung-gunung lainnya.

Itu baru gunung. Belum lagi pantai, kuliner dan juga adat istiadatnya. Bakal buat kita jadi bertambah wawasannya. Nah, berikut ini akan disampaikan beberapa fakta unik seputar Lampung yang mungkin belum atau jarang diketahui banyak orang, termasuk warga Lampung itu sendiri.

Produsen Keripik Pisang

Untuk urusan pisang, Lampung salah satu jagonya. Bagi yang pernah naik kapal Bakauheni Merak mungkin sering menyaksikan angkutan truk atau pick up yang isinya pisang. Pisang-pisang tersebut memang berasal dari Lampung dan akan dikirim ke berbagai tempat di Jawa.

Pisang Lampung itu terkenal, baik berupa mentahan maupun hasil olahan. Salah satunya yakni keripik pisang. Bahkan keripik pisang menjadi oleh-oleh khas Lampung yang sangat disukai karena enak dan beragam varian rasanya.

Bagi yang akan singgah di Lampung, jangan lupa beli keripik pisang buat oleh-olehnya. Dari rasa coklat, rasa keju, rasa manis semua ada. Tinggal pilih (dan tentunya juga bayar).

Penghasil Kopi Ternama

Selain pisang, komoditas hasil bumi lainnya yang terkenal dari Lampung adalah kopi. Dari beragam jenis kopi yang ada di sini, kopi robusta adalah salah satu yang mendunia.

Bagi penggemar kopi, khususnya di Indonesia, Lampung itu semacam salah satu destinasi utama. Mereka bisa membeli kopi dalam bentuk kemasan atau bisa juga bubuk mentah yang nantinya digiling di tempat. Harumnya kopi Lampung akan membuat kita tahu betapa nikmat saat nanti meminumnya.

Tanah Kelahiran Manusia Tertinggi di Indonesia

Beberapa tahun silam, Museum Rekor Indonesia atau MURI menetapkan mendiang Suparwono sebagai manusia tertinggi di Indonesia. Mendiang Suparwono,yang bertinggi badan mencapai 242 cm atau 2,4 meter,.berasal dari Tulang Bawang yang merupakan salah satu nama kabupaten di Lampung.

Sewaktu hidup, mendiang pernah diundang hadir oleh Pemda Lampung dan sempat bertemu dengan Jaya Suprana, budayawan dan pengusaha yang memprakarsai berdirinya Museum Rekor Indonesia atau MURI.

Gerbang Sumatera

Ingin bepergian dari Jawa ke Sumatera via jalur darat? Ke Palembang, Padang, Jambi, Pekanbaru, Medan atau bahkan Aceh? Pasti lewat yang namanya Pelabuhan Bakauheni. Itulah kenapa Bakauheni disebut pintu gerbang Pulau Sumatera.

Apalagi semenjak dibukanya fasilitas berupa Terminal Eksekutif, perjalanan Merak Bakauheni dan sebaliknya kian memberikan momen perjalanan menarik dan menyenangkan. Pokoknya keren lah.

Ibukotanya berjuluk Kota Tapis Berseri

Tapis itu nama kain kebanggaan masyarakat Lampung yang terbuat dari benang emas dan motifnya khas. Umumnya dipakai seorang wanita ketika menghadiri acara adat maupun acara formal lainnya.

Itulah mengapa Bandar Lampung, sebagai ibukota Lampung, memiliki julukan sebagai kota Tapis Berseri. Tapis di sini, selain merujuk pada nama kain sebagaimana tersebut di atas, juga merupakan singkatan dari Tertib, Aman, Patuh, Iman, Sejahtera. Sedangkan Berseri merupakan singkatan dari Bersih, Sehat, Rapi, Indah. Keren kan?

Miniatur Indonesia

Selain penduduk asli, Lampung juga berisi banyak pendatang utamanya dari Pulau Jawa. Semua berawal sejak masa kolonial Belanda di mana saat itu bergulir program transmigrasi. Program ini terus berlangsung bahkan setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Yang cukup menarik adalah bahwa jumlah pendatang saat ini justru lebih banyak dari penduduk asli. Karena itu tak mengherankan bila Lampung disebut juga sebagai miniatur Indonesia mengingat beragamnya suku yang ada di bumi Ruwa Jurai.

Pantai-Pantai Eksotis

Secara geografis, Lampung mempunyai garis pantai yang sangat panjang. Pantai-pantai ini tentunya tidak semua terkelola dengan maksimal. Namun begitu, terdapat sejumlah pantai yang sangat terkenal, tidak saja di Lampung atau Indonesia, bahkan juga terkenal hingga luar negeri atau mancanegara.

Sebut saja Pantai Pahawang, Pantai Teluk Kiluan, Pantai Jukung dan Pantai Tanjung Setia. Pantai-pantai tersebut keindahannya tak kalah dengan pantai yang ada di Bali maupun Lombok yang terkenal eksotis.

Gajah Main Sepakbola

Catat ya, gajah main sepakbola, bukan sepakbola gajah karena beda artinya. Kalau gajah main sepakbola bisa kita temukan di Way Kambas Lampung. Tapi yang jadi wasit ya tetap manusia. Repot juga kalo yang jadi wasitnya juga gajah. Bisa ganti peluit berapa kali itu.

Jadi, sekarang sudah tahu ya beberapa fakta unik seputar Lampung. Kalau kapan-kapan ada waktu libur cobalah berkunjung. Biar tambah pengalaman.

Bagi yang mau naik pesawat silakan, untuk yang ingin lewat Merak Bakauheni juga oke. Travelling sendirian dan backpackeran gak masalah. Bepergian berdua? Ya usahakan nikah dululah. Biar semua terasa indah dan mempesona. Eeeyaaaaa...

NB : Seluruh foto yang ada di artikel ini, kecuali foto bergambar kaos, diambil via Image Google dan berasal dari beragam sumber. Jika salah satunya milik Anda dan tidak berkenan ditampilkan maka silakan hubungi kami agar nantinya bisa dihapus sesegera mungkin. Terima kasih..

Lebih baru Lebih lama